Special Thanks

Would like to say...
Thanks to Allah SWT, Orang tua, My lovely (Keylila Cheryl) dan anda semua yang luar biasa telah hadir di blog ini. Disini kita mencoba untuk saling berbagi informasi,kontribusi, dan ekspresi yang menjadi sebuah kebebasan kita dalam mengaspirasikan segala aspek dan sudut pandang normatif dan perspektif.

Page Translator

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch   Visitor: 

Jumat, 29 Januari 2010

Apa itu "Kepemimpinan"?

Kepemimpinan pada dasarnya merupakan suatu sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin, hal tersebut merupakan sebuah kemampuan yang dapat dipelajari dari pengalaman, akan tetapi juga harus memperhatikan kepribadian dasar individual. Dalam teori kepribadian pemimpin itu dilahirkan dengan sifatsifat kepemimpinannya. Sedangkan dalam teori lingkungan pemimpin dibentuk dari stimulus lingkungan, yang mana pemimpin  tidak harus dilahirkan dengan jiwa pemimpin akan tetapi pemimpin dapat belajar dari lingkungan untuk dapat menjadi pemimpin yang baik dan berkharisma.
Pengertian Kepemimpinan dari psikologi sosial merupakan sebuah deskripsi temtang kegiatan seseorang yang dinilai sebagai pemimpin, dan pemimpin itu sendiri mempunyai aspek-aspek,yaitu:

  1. posisi sebagai pusat,
  2. peranannya sebagai pemberi arah,
  3. sebagai penggerak atau stimulus dari aktivitas atau kegiatan,
  4. memberikan bentuk dalam kegiatan secara terarah dan jelas.
Pengertian tentang kepemimpinan lebih dititik beratkan pada segi fungsi dari pada segi struktur. Berkaitan dengan hal tersebut,,maka maka pengertian tentang kepemimpinan ada beberapa makna,diantaranya:
  1. Kepemimpinan merupakan cirri-ciri aktivitas yang dapat mempengaruhi pengikutnya.
  2. Kepemimpinan merupakan suatu instrument untuk dapat melancarkan suatu kegiatan dalam rangka mencapai tujuan.
Berdasarkan teori- teori diatas maka dapat dikatakan bahwasannya kepemimpinan merupakan suatu yang dapat dipelajari yaitu dalam menyusun instrument kepemimpinan, namun selain menyusun instrument kepemimpinan pemimpin juga harus tahu bagaimana cara menjalankan instrument tersebut. Pada masyarakat yang masih berkembang factor charisma masih diikutkan dalam menentukan pemimpin.
Menurut Steven R. Covey dalam The 8th Habit secara sederhana – pada tingkatan yang paling mendasar dan praktis – kepemimpinan adalah mengkomunikasikan kepada orang lain nilai dan potensi mereka secara amat jelas sehingga mereka bisa melihat halitu dalamdiri mereka.
Empat peran kepemimpinan(empat karakteristik kepemimpinan pribadi)
  • Panutan (hati nurani): menjadi contoh yang baik.
  • Perintis (visi): Bersama-sama menentukan arah yang dituju.
  • Penyelaras (disiplin): Menyusun dan mengelola system agar tetap pada arah yang telah ditetapkan.
  • Pemberdaya (gairah): memfokuskan bakat pada hasil, bukan pada metode, lalu menyingkir agar tidak menghalangi dan memberi bantuan jika diminta.
Ciri ciri pemimpin
  • Menentukan arah (visi, pelanggan,masa depan)
  • Menunjukkan karakter pribadi (kebiasaan, integritas, kepercayaan, pemikiran analitis)
  • Mobilisasi komitmen orang-orang (melibatkan oranglain, berbagi kekuasaan)
  • Membangkitkan kemampuan organisasi (Membangun tim, mengelola perubahan)

Pada tugas mata kuliah Psikologi Industri & Organisasi tentang masalah kepemimpinan. Utomo Dananjaya merupakan salah satu tokoh pendidikan yang saya rasa dapat saya temukan dan dengan segala kekurangan saya mencoba menjelaskan Kepemimpinan yang ia punyai.
Utomo Dananjaya yang seperti saya baca dalam majalah Gerbang edisi 6 Th. IV Desember 2004 adalah Direktur Institute for Education Reform, Universitas Paramadina. Dari rubric dialog yang berjudul “Wajib Belajar, Kewajiban dan Tanggung Jawab Pemerintah”, dapat kita lihat bahwasan dari pendapatnya mengenai harapan pendidikan Indonesia kedepan itu merupakan salah satu cirri pemimpin yaitu Menentukan arah (visi, pelanggan,masa depan), Mengenai pemikiran, argument,dan kritik terhadap pemerintahan dengan berani dan mencoba memberikan atau meluruskan jalannya UUD 1945 tepatnya pada permasalahan pendidikan merupakan sebuah karakteristik seorang pemimpin yang baik adalah Menunjukkan karakter pribadi (kebiasaan, integritas, kepercayaan, pemikiran analitis), dimana pada saat ini jarang ditemukan orang-orang yang mau atau berupaya keras meluruskan jalannya pemerintahan yang kacau. Sedangkan tentang ciri pemimpin yang lain  Mobilisasi komitmen orang-orang (melibatkan oranglain, berbagi kekuasaan) dan Membangkitkan kemampuan organisasi (Membangun tim, mengelola perubahan),itu sudah dapat tercermin dari pekerjaan yang ia pegang yaitu sebagai Direktur Pelaksana Yayasan Paramadina Mulya (sejak 1995). Dan dari sejarah karirnya dalam dunia pendidikan ia sangatlah eksist dalam bidang pekerjaannya dan hal tersebutlah yang menunjukkan bahwasannya ia tidak setengah-setengah mendalami dunia pendidikan.

1 komentar:

someone mengatakan...

saat ini sulit mencari pemimpin yg berjiwa pemimpin

Posting Komentar

Gabung disini ya..

È