Special Thanks

Would like to say...
Thanks to Allah SWT, Orang tua, My lovely (Keylila Cheryl) dan anda semua yang luar biasa telah hadir di blog ini. Disini kita mencoba untuk saling berbagi informasi,kontribusi, dan ekspresi yang menjadi sebuah kebebasan kita dalam mengaspirasikan segala aspek dan sudut pandang normatif dan perspektif.

Page Translator

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch   Visitor: 

Minggu, 28 Februari 2010

Script Pascal

bahasa pemroggraman pascal merupakan bahasa pemrograman pemula bagi penggemar pemrograman komputer....didalam bahasa pemrogrraman pascal termasuk OP yang terstruktur dan tidak case sensitif serta under dos...
nah mari kita belajar sama sama yuk tentang bahasa pemrograman pascal ini

ok lets do it
program 1

Code:
{*****************************************
 * Program 1.1. (PROG1-1.PAS)            *
 * Contoh program dengan sebuah prosedur *
 * dan cara memanggilnya                 *
 *****************************************}

 program CONTOH;         {* nama program *}

 uses crt;               {* deklarasi piranti *}

 const Ukuran = 5;       {* deklarasi konstanta *}
 
 type Tabel = array[1..Ukuran,1..Ukuran] of integer; 

 {* Deklarasi perubah global *}
 var Matrix : Tabel; 

 {* Prosedur *}
 procedure BACA_MATRIX (var Mat : Tabel; N : integer);
 var I, J : integer;  {* perubah lokal *}

 begin               {* prosedur *}
   for I := 1 to N do
     for J := 1 to N do
       read(Mat[I,J])
 end;                {* prosedur BACA_MATRIX *}

 {* Prosedur Lain *}
 procedure CETAK_MATRIX (Mat : Tabel; N : integer);
 var I, J : integer;  {* perubah lokal *}

 begin               {* prosedur *}
   for I := 1 to N do
     begin
       for J := 1 to N do
         write(Mat[I,J]:8);
       writeln;
     end;
 end;                {* prosedur CETAK_MATRIX *}

 begin               {* program utama *}
    {* Memanggil prosedur *}
    BACA_MATRIX(Matrix, Ukuran);
    CETAK_MATRIX(Matrix, Ukuran)
 end.                {* program utama *}

program 1 adalah program matrik

silahkan dicoba

program ke dua :

Code:
{******************************************
  * Program 2 (PROG2.PAS)             *
  * Menyusun permutasi sekelompok karakter *
  * dengan cara rekursif                   *
  ******************************************}

 program SUSUN_PERMUTASI;

 uses crt;

 const Max = 5;

 type  Larik = array[1..Max] of char;

 var   A           : Larik;    {* larik yang akan
                                  dipermutasikan *}
       C_Permutasi,            {* jumlah permutasi *}
       C_Elemen,               {* cacah karakter *}
       I           : integer;  {* perubah kendali *}
       Lagi        : char;     {* perubah kendali *}

 {*********************************
  * Prosedur penyusunan permutasi *
  *********************************}
 procedure PERMUTASI (var B : integer; A : Larik;
                      K, N : integer);

 var I    : integer;
     Temp : char;
 begin
   if K = N then
      begin
        B := succ(B);
        write('Permutasi ke ', B:2,' : ');
        for I := 1 to N do
           write(A[i]:3);
        writeln;
      end
   else
      for I := K to N do
        begin
          Temp := A[i];
          A[i] := A[K];
          A[K] := Temp;
          PERMUTASI(B, A, K+1, N)
        end
 end;         { *** prosedur PERMUTASI *** }

 {*****************
  * Program utama *
  *****************}
 begin
   repeat
     clrscr;
     write('Banyaknya karakter yang akan');
     write(' dipermutasikan: ');
     repeat
       gotoxy(47, 1); write('    ');
       gotoxy(47, 1); readln(C_Elemen)
     until C_Elemen <= Max;
     {* Menyusun karakter yang akan dipermutasikan *}
     for I := 1 to C_Elemen do
        A[i] := chr(I+64);

     clrscr;
     write('MENYUSUN PERMUTASI UNTUK ');
     writeln(C_Elemen:2, ' KARAKTER');
     writeln('------------------------------------');
     writeln;

     {* Proses mencari permutasi *}
     C_Permutasi := 0;
     PERMUTASI(C_Permutasi, A, 1, C_Elemen);

     {* Mencetak hasil *}
     writeln;
     writeln('Banyaknya permutasi: ', C_Permutasi:3);
     writeln;
     write('Akan coba lagi? (Y/T): '); readln(Lagi)
   until not (Lagi in ['Y', 'y'])
 end.         { *** program utama *** }
program kedua ini merupakan program menyusun permutasi...didalam nya ada penggunaan if then else serta for to do....
program ketiga


Code:
{**********************************************
  * Program 3. (PROG3.PAS)                 *
  * Penyelesaian persoalan Menara Hanoi        *
  * Banyaknya piringan dibatasi sampai 10 buah *
  **********************************************}

 program MENARA_HANOI;
 uses crt;

 const Max = 10;     {* jumlah maksimum piringan *}

 var Gerakan,             {* banyaknya pemindahan *}
     Piringan : integer;  {* banyaknya piringan *}
 {************************************
  * Prosedur untuk memindah piringan *
  ************************************}
 procedure HANOI(var C_Gerak : integer;
                 Cacah : integer; A, B, C : char);

 begin
   if Cacah > 0 then
      begin
        HANOI(C_Gerak, Cacah-1, A, C, B);
        C_Gerak := succ(C_Gerak);
        write('Langkah ke ', C_Gerak:3);
        write(': pindah piring nomor ', Cacah:2);
        write(' dari tonggak ', A);
        write(' ke tonggak ', C);
        writeln(' (', A, ' -> ', C, ')');
        HANOI(C_Gerak, Cacah-1, B, A, C)
      end
 end;         {* prosedur HANOI *}

 {*****************
  * Program utama *
  *****************}
 begin
   clrscr;  Gerakan := 0;
   writeln('PENYELESAIAN MENARA HANOI');
   write('(Piring terkecil diberi nomor 1, ');
   writeln('berikutnya 2 dan seterusnya)');
   write('----------------------------------');
   writeln('---------------------------'); writeln;

   {* Mengisikan banyaknya piringan *}
   gotoxy(1, 5);
   write('Banyaknya piringan (max ', Max:2, '): ');
   writeln;
   repeat
     gotoxy(30, 5); write('      ');
     gotoxy(30, 5); readln(Piringan)
   until Piringan <= Max;

   {* Proses memindah piringan *}
   HANOI(Gerakan, Piringan, 'A', 'B', 'C');
   {* Mencetak banyaknya gerakan yang diperlukan *}
   write('Piringan sebanyak ', Piringan:2, ' buah');
   write(' memerlukan ',Gerakan:2,' kali pemindahan');
 end.
program ketiga adalah program untuk penyelesaian terhadap menara hanoi
dengan menggunakan statement prosedur dan pengandaian ( if then dan else]

serta proses looping

selamat mencoba

1 komentar:

Moe - cHan mengatakan...

saya mau tnya,,.untuk script pascal dalam pembuatan permainan ular tangga ada ga ya??

Posting Komentar

Gabung disini ya..

È