Special Thanks

Would like to say...
Thanks to Allah SWT, Orang tua, My lovely (Keylila Cheryl) dan anda semua yang luar biasa telah hadir di blog ini. Disini kita mencoba untuk saling berbagi informasi,kontribusi, dan ekspresi yang menjadi sebuah kebebasan kita dalam mengaspirasikan segala aspek dan sudut pandang normatif dan perspektif.

Page Translator

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch   Visitor: 

Rabu, 24 Februari 2010

10 Cara Sederhana Membuat Hidup Lebih Mudah


Sebuah pertanyaan yang baik adalah apakah masyarakat modern telah menuju suatu kemajuan standard kehidupan. Kita memiliki tingkat kemakmuran materi yang tak terbayangkan, tetapi seringkali kelihatannya hal ini sekaligus membawa kepada peningkatan kompleksitas dan stress. Bagaimanapun juga tidak ada alasan mengapa kita tidak mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia; mengambil keuntungan dari teknologi modern dan menikmat kesederhanaan kehidupan saat ini.
Bila Anda berpikir hidup itu terlalu stress dan kompleks, berikut ada beberapa tips untuk menyederhanakan hidup Anda.

Beri Prioritas Pada Hal-Hal Yang Esensial

Kadangkala kita bisa mengijinkan masalah-masalah kecil mendominasi hidup kita. Jikalau kita didenda beberapa sen, hal ini sungguh mengganggu, tetapi jangan biarkan hal ini menghancurkan hari Anda. Akan selalu ada masalah-masalah kecil yang mengganggu, rahasianya adalah mampu memberikan kepentingan yang layak mereka terima. Hal utama dari kehidupan adalah mengembangkan kebahagiaan; jikalau ada hal-hal yang tidak penting menguasai kita, maka kita tidak akan mampu menikmati hidup seperti yang seharusnya.

Jangan Pusingkan Untuk Menyenangkan Setiap Orang

Bila Anda mencoba untuk menyenangkan setiap orang, Anda tanpat diragukan lagi akan gagal, ditambah lagi Anda tidak akan membuat diri Anda bahagia. Renungkanlah hal yang tepat untuk dilakukan, lebih daripada apa yang diharapkan orang lain untuk Anda lakukan. Jangan merasa bersalah bila orang kecewa dengan bagaimana Anda bertindak dan memilih. Bukan tanggung jawab Anda untuk menyenangkan harapan-harapan mereka yang tak masuk akal.

Kebahagiaan Tidak Ditemukan Dalam Pemenuhan Semua Keinginan

Adalah suatu latihan yang bermanfaat untuk menuliskan berapa banyak keinginan dan harapan yang kita miliki. Bila kita jujur, kita akan menemukan satu daftar yang amat panjang. Setingkali hal ini melibatkan sebuah harapan bahwa orang lain akan bersikap dengan cara tertentu. Sebaliknya kita berpikir kalau kita dapat mencapai finansial yang lebih besar maka seluruh masalah bisa diselesaikan. Tetapi, memenuhi semua keinginan kita bukan cara mencapai kebahagiaan. Pemenuhan semua keinginan jelas-jelas mustahil dan menciptakan satu rasa frustasi karena kita tidak mendapatkan yang kita inginkan. Sebaliknya, minimasilah daftar keinginan itu dan jadilah puas dengan apa yang kita miliki.

Jangan Dengarkan Ketakutan-Ketakutan Pemikiran Anda

Adalah pemikiran kita yang menciptakan ketakutan dan keruwetan dalam hidup. Jikalau kita memberikan kepentingan kepada masalah-masalah pribadi, hidup akan terasa kompleks dan menyedihkan. Lebih jauh lagi, kebanyakan kekuatiran berdasarkan kepada kekuatiran yang salah; sederhanakan hidup Anda dengan membuang ketidak percayaan dan kegusaran. Hiduplah dalam waktu sekarang, tinggalkan segala masalah besok untuk hari yang lain.

Memisahkan

Hidup dapat terasa seperti sebuah opera sabun yang tidak ada habisnya, selalu ada masalah yang harus dihadapi. Memisahkan tidak berarti kegilaan, memisahkan berarti kita menawarkan pelayanan kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan atau mengharapkan hasil tertentu. Jangan merasa bertanggung jawab secara pribadi atas hidup orang lain. Lakukan apa yang Anda pandang tepat, tapi pisahkan diri Anda dari hasil akhirnya nanti.

Hindari Konflik Yang Tidak Perlu

Bila Anda menghargai keseimbangan hubungan dengan orang lain, hidup akan amat jauh lebih mudah. Sifat dari hubungan dengan orang lain, adalah bahwa selalu ada potensi untuk terlibat dalam suatu konflik pribadi yang terkecil. Bukannya berargumen dengan orang lain, kita perlu melepaskan diri dan bersedia untuk menjadi toleran kepada orang lain. Bila Anda merasa tidak cocok dengan orang lain, cukup Anda coba mencari beberapa sifat baik mereka. Bila kita dapat menghindari konflik dan pertentangan hidup akan menjadi lebih mudah. .

”Dalam kehidupan spiritual, semakin tinggi kita melangkah, semakin dalam kita melangkah; semakin jauh kita melangkah, semakin kita akan melihat bahwa Realitas adalah suatu nyanyian dari kesederhanaan dan tidak ada yang lain. Keseluruhan permainan kosmik adalah mudah secara ekstrim, tetapi kita memandangnya dari sudut yang berbeda dalam cara yang tidak jelas. Itu sebabnya kami merasa hal ini amat kompleks, tetapi setiap hal adalah sederhana. “

- Sri Chinmoy

Bersihkan Ketidak-rapihan

Untuk mempermudah hidup, sangat penting untuk menyederhanakan barang-barang milik kita. Simpan yang Anda perlukan dan buang yang tidak pernah Anda pergunakan. Membersihkan ketidak rapihan berarti Anda dapat jadi lebih terorganisasi dan menemukan hal-hal yang Anda perlukan dengan lebih cepat, tetapi keuntungan lainnya adalah bahwa jika Anda memiliki lingkungan yang sederhana dan bebas dari ketidak-rapihan akan menciptakan ketenangan batiniah. Jikalau kita membuat berantakan lingukungan hidup kita maka sulit untuk menghargai keuntungan-keuntungan dari gaya hidup sederhana..

Jangan Hidup Dalam Masa Lampau

Hidup itu sederhana jika kita hanya hidup untuk waktu sekarang. Ada banyak alasan menyesali masa lalu dan berharap agar sesuatu yang berbeda kita lakukan. Tetapi apa yang telah terjadi tidak dapat diubah, kita perlu melupakan kesalahan-kesalahan di masa lalu dan memikitkan apa yang dapat kita lakukan sekarang.

Menenangkan Pikiran

Untuk menyederhanakan hidup kita, adalah vital untuk dapat mengendalikan pemikiran kita yang liar. Meditasi adalah cara paling efektif untuk menenangkan pikiran. Banyak pemikira yang dating tidak perlu dan sering kali tidak ada gunanya. Memiliki pikiran yang terang dan tenang akan memberikan keuntungan yang luar biasa.

Jangan Biarkan Teknologi Mengontrol Anda

Jikalau Anda tergantung kepada teknologi maka Anda akan selalu menjadi terburu-buru. Kita berhasil hidup cukup efektif sebelum ditemukan HP dan email. Dengan segala cara gunakan itu semua, tetapi berikanlah tempat yang tepat. Jangan terus-menerus dibombardir dengan tuntutan-tuntutan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Gabung disini ya..

È